Harga Jual Sapi Potong, Penjualan Sapi Potong

Jual SapiKenikan harga sapi potong menjelang hari raya kurban tahun ini dinilai tidak wajar yang diduga akibat adanya permainan harga yang dominan oleh kalangan pengusaha besar.

Ketua Asosiasi Pengusaha Daging dan Sapi Potong Indonesia (Apdasi) Jawa Barat Dadang Iskandar mengatakan meroketnya harga penjualan sapi potong untuk hewan kurban dipicu adanya penguasaan pasar dan harga oleh para pengusaha besar.

“Setiap tahun harga sapi memang naik rata-rata Rp1 juta. Tapi, kenaikannya tidak sebesar tahun ini yang bisa mencapai Rp3 juta per ekor,” kata Dadang kepada Bisnis, Minggu (23/9).

Dia menjelaskan apabila pada tahun sebelumnya harga jual sapi kurban hanya Rp7 juta, tahun ini menembus angka Rp10 juta per ekor.

Menurutnya, kenaikan harga sapi potong pada tahun ini sudah tidak wajar dan dianggap bentuk pembiaran oleh pemerintah terhadap pengusaha besar.

Peran pengusaha besar dalam mengatur harga sapi di pasaran sangat dominan ketimbang hukum pasar itu sendiri, karena kepemilikan sapi potongnya mencapai puluhan ribu dibandingkan peternak biasanya yang hanya menguasai ratusan ekor.

“Meskipun musim kemarau, tapi tidak banyak mempengaruhi harga. Karena sapi bukanlah hewan ternak yang usianya pendek,” ujarnya.

Dadang memaparkan kebutuhan akan hewan kurban di Jawa Barat selama ini harus dipenuhi dengan mendatangkan pasokan sapi dari Jawa Tengah dan Jawa Timur karena populasi sapinya melebihi tingkat kebutuhan masyarakatnya.

“Sebanyak 60% kebutuhan sapi Jabar dipenuhi dari Jateng dan Jatim. Sisanya dari pasokan importir Australia,” jelasnya.

Sementara itu, Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Kabupaten Ciamis mengklaim stok sapi potong untuk hewan kurban sudah terpenuhi.

Ketua PPSKI Ciamis Dayat Rancah mengatakan persediaan hewan kurban untuk sapi mencapai 6.000 ekor sedangkan untuk kambing sebanyak 40.000 ekor.

“Stok hewan kurban di Ciamis hingga saat ini tidak ada masalah. Angka sebanyak itu sudah dapat mencukupi kebutuhan,” ujarnya.

Menurutnya, harga sapi Rp8 juta-Rp12 juta per ekor tergantung bobot berat dan kualitas sapi itu sendiri.

Dia menjelaskan harga berat hidup sapi potong Rp35.000 per kilogram sedangkan untuk daging karkas Rp60.000 dan daging murni Rp70.000 per kg dari tingkat peternak.

“Harga rata-rata sapi potong menjelang hari kurban berkisar Rp8 juta untuk berat 2-3 kuintal. Namun di atas berat tersebut bisa mencapai Rp10 juta-Rp12 juta,” ujarnya.

Dia menjelaskan biasanya kebanyakan para pemburu hewan kurban menilai dari segi fisik dan kualitas baik sapi maupun kambing, sehingga penampilan hewan kurban menjadi daya tarik bagi para konsumen.

Selain itu dia membeberkan konsumen biasanya bukan hanya dari Ciamis saja, akan tetapi di luar daerah pun kerap memburu baik sapi maupun kambing seperti Tasikmalaya.

“Kami kira karena stok hewan kurban kami lumayan cukup banyak, maka daerah Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya pun kerap meminta pasokan dari kami,” ujarnya.

Stok Menipis
Jawa Barat terancam kelangkaan ketersediaan sapi jantan untuk menghadapi hari raya kurban 2012.

Kepala Dinas Peternakan Jawa Barat Koesmayadi Tatang Padmadinata mengatakan saat ini, ketersediaan sapi di feed loader Jabar hanya sekitar 48.000 ekor. “Itu untuk pemenuhan kebutuhan selama 1 tahun. Sedangkan kebutuhan sapi jantan untuk kurban tergolong tinggi,” katanya.

Dari catatan Disnak Jabar,  2011 lalu jumlah sapi potong untuk hewan kurban mencapai sekitar 45.000 ekor. Kurangnya stok dan pasokan sapi itu menurutnya dikarenakan momen Idulfitri dan Iduladha yang berdekatan membuat Jabar terancam minim ketersediaan sapi potong sebagai hewan kurban.

Faktor lain karena banyak peternak yang memilih menjual sapi  saat momen Idulfitri 2012 kemarin. Pada momen itu, memang harga jualnya terbilang positif, yaitu sekitar Rp32.000 per kilogram potong hidup.

Sumber Berita: http://www.bisnis.com

share

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s